Kumpulan Materi Soal Jawaban

Melakukan Back-Up


Setiap software yang terinstal didalam windows memiliki parameter nya masing-masing didalam registry. Apabila anda adalah seorang yang hobi menginstal bermacam-macam software didalam Komputer ada baiknya melakukan backup registry anda rutin setiap bulan untuk mencegah terjadinya crash atau error pada registry yang disebabkan oleh kegiatan install-unistall yang berlebihan atau karena disebabkan oleh kesalahan hapus daripada software-software cleaner.

Cara untuk melakukan backup pada registry adalah 

  1. Klik Start Menu > Run. 
  2. Ketikkan Regedit. 
  3. Lalu tekan Enter
  4. Lalu pilih File > Export. 
  5. Setelahnya anda dapat menyimpan dimanakah file backup tersebut akan disimpan. 

Untuk melakukan restore registry dapat memilih File > Import.


Melakukan Back up pada PC (Windows 7, 8 dan Seterusnya)
1. Carilah alat penyimpanan yang tepat. 
Anda akan membutuhkan sebuah alat yang mampu menyimpan semua data yang Anda perlukan untuk dibuat backup-nya. Alat ini sebaiknya minimal dua kali dari ukuran hard drive yang akan Anda buat backup-nya. Hard drive eksternal merupakan pilihan terbaik, dan mudah dicari.


Bisa juga membuat partisi (untuk menyimpan data), jika Anda ingin memakai komputer saat ini sebagai sebuah cadangan. Tetapi Anda harus sadar bahwa pilihan ini kurang aman, karena sistem tetap rentan terhadap serangan virus komputer dan kerusakan hard drive.

2. Hubungkan alat dengan komputer Anda. 
Dengan memakai kabel USB atau koneksi cara lain, hubungkan alat penyimpan dengan komputer yang ingin Anda back up. Memasukkan alat seharusnya secara otomatis akan memunculkan kotak dialog yang menanyakan apa yang ingin Anda lakukan dengan alat itu. Seharusnya ada pilihan untuk memakai alat itu sebagai backup data dan membuka File History. Pilihlah pilihan ini.

Pada keadaan di mana dialog ini tidak terbuka secara otomatis, Anda bisa membuat backup secara manual dengan menelusuri Search dan mencari File History. Bagian ini juga bisa ditemukan melalui Control Panel.

3. Aturlah Advanced Settings. 
Setelah program terbuka, Anda mungkin ingin mengubah beberapa pengaturan pada bagian Advanced Settings, yang diakses dari sebelah kiri. Di sini Anda akan bisa mengubah seberapa sering komputer membuat cadangan, berapa lama file disimpan, dan berapa banyak ruang yang bisa digunakan.

4. Pilih drive backup. 
Setelah pengaturan selesai diatur, pastikan bahwa drive backup yang benar telah dipilih (drive eksternal seharusnya terpilih secara default).

5. Klik "Turn on". 
Setelah semua pengaturan sudah benar, klik "Turn on". Ini akan memulai proses back up. Ketahuilah bahwa backup pertama bisa membutuhkan waktu cukup lama dan Anda mungkin ingin memulai proses back up pada malam hari atau sebelum Anda pergi bekerja, sehingga Anda tidak perlu memakai komputer selama waktu tersebut. Dan begitulah: Anda selesai melakukannya!

DOWNLOAD FILE MATERI

Sumber : http://id.wikihow.com/Melakukan-Back-up-Komputer | Sumber Gambar : komputernjaringaninternet.blogspot.com

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Melakukan Back-Up"

Back To Top